Jumat, 28 Januari 2011

kompressor ac

29
May

Untuk sistem AC, salah satu komponen AC paling penting adalah kompresor, yang merupakan power unit dari sistem sebuah AC. Ketika AC dijalankan, kompresor mengubah fluida kerja/refrigent yang berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi. Gas bertekanan tinggi kemudian diteruskan menuju kondensor.
Secara umum kompresor terdiri dua jenis yaitu sebagai berikut :
1. Kompresor Torak

Kompresor model torak terdiri dari beberapa bentuk gerak torak yakni:
a.tegak lurus
b.memanjang
c.aksial
d.radial
e.menyudut
Untuk menghisap dan menekan zat pendingin dilakukan oleh gerakan torak di dalam silinder kompresor.
2. Kompresor Rotary
Rotor adalah bagian yang berputar di dalam stator. Rotor terdiri dari dua baling-baling. Langkah hisap terjadi saat pintu masuk mulai terbuka dan berakhir setelah pintu masuk tertutup. Pada waktu pintu masuk sudah tertutup dimulai langkah tekan, sampai katup pengeluaran membuka, sedangkan pada pintu masuk secara bersamaan sudah terjadi langkah hisap, demikan seterusnya.
Keuntungan:
a. Karena setiap putaran menghasilkan langkah-langkah isap dan tekan secara bersamaan, maka moment putar lebih merata akibatnya getaran/kejutan lebih kecil.
b. Ukuran dimensinya dapat dibuat lebih kecil dan menghemat tempat.
Kerugian:
Sampai saat ini hanya dipakai untuk sistem AC yang kecil saja sebab pada volume besar, rumah dan rotornya harus besar pula dan kipas pada rotor tidak cukup kuat menahan menahan gesekan.
Gerakan rotor di dalam stator kompresor akan menghisap dan menekan zat pendingin. Kompresor berfungsi untuk menaikkan tekanan refrigerant, kompresor menghisap refrigerant bertekanan rendah dari evaporator dan memampatkannya sampai 100-250psi. Dengan bertambahnya refrigerant tersebut maka suhu refrigerant pun akan bertambah, uap refrigrant yang bertekanan tingggi dalam kompresor akan lebih cepat mengembun dengan cara melepaskan panas ke sekelilingnya.
Kompresor AC perlu diberi pelumas. Fungsi utama pelumas pada kompresor adalah untuk bantalan pada komppresor dan sebagai pelumas pada bagian yang bergesekan. Oli yang digunakan pada kompresor bukan sembarang oli tetapi oli khusus karena oli tersebut akan beredar dalam pendingin.
Jika salah satu komponen rusak pada saat pendinginan bekerja, maka sebagian oli kompresor akan tertinggal di dalam siklus refrigerant. Apabila komponen tersebut diganti maka oli perlu ditambah untuk mengganti oli yang tertinggal dalam komponen yang rusak. Banyaknya oli tergantung dari dari komponen yang diganti.
Oli pelumas dalam sistem AC sebagian keluar bersama-sama refrigerant dan bersirkulasi dalam siklus pendingin. Jika oli yang bersirkulasi bersama refrigerant cukup banyak, pelumasan oli di bak engkol berkurang sehingga dapat terjadi overheating (kelebihan panas). Sedangkan apabila oli yang bersirkulasi bersama refrigerant tidak tetap, maka oli kan terkumpul dalam evaporator. Hal ini akan mengganggu pemindahan panas dalam evaporator.
Kompresor AC
sumber: ACMobilkita

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin bekerjasama dengan kami, silakan hubungi kami dengan mengisi kontak form dibawah ini..

Nama Anda:

Email Anda:

No. HP / Flexi (Contact Person):

Kota Anda:

Isi PESAN:

Lampiran: Maksimal ukuran File 10 mb

Masukkan kode captcha dibawah ini:

Perlu diketahui:
Bahwa kami (pihak CV. ASTRO) tidak akan menyebarkan informasi Anda kepada pihak lain.

Berlangganan Artikel

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel dari CV. ASTRO secara gratis melalui email.
Silakan Masukkan Alamat Email Anda dibawah ini :

 | Tags: , , , , gambar kompresor ac, jenis kompresor ac, MACAM-MACAM SISTEM AC, macam2 kompresor, makalah refrigerant, makalah tentang oli pelumas mesin pendingin, oli kompresor ac mobil, oli pada kompresor mobil, pelumasan pada kompresor, service kompresor ac mobil di jakarta, sistem pelumasan refrigerant, SPESIFIKASI KOMPRESOR AC, toko ac pendingin mobil box surabaya, cara ganti oli kompresor ac, macam-macam ac dalam mobil, macam macam bentuk kompresor, cara kerja kompresor ac jenis piston, cara kerja kompresor rotary pada ac, fungsi compressor ac split, gambar cara kerja kompresor ac mobil, jenis kompressor ac, kapan isi oli kompresor AC, katup txv refrigerant untuk kompresor 2 pk, kerja kompresor rotary, kompresor ac panas, macam - macam compresor ac split, volume oli kompresor ac 2 pk
Kategori : Tahukah Anda



No comments yet.

Leave a comment

1 komentar: